Kamis, 14 Januari 2010

VIVAnews - Penjualan komputer selama kuartal keempat tahun lalu ternyata mengalami lonjakan. Menurut data yang dihimpun oleh firma riset IDC, penjualan komputer di kuartal tersebut, mencapai 85,5 juta unit komputer.

Bila dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, pertumbuhan penjualan komputer mencapai angka 15,2 persen. Kenaikan tersebut diprediksi dipicu oleh aksi turun harga dan meningkatnya kebutuhan laptop dan netbook di kuartal akhir 2009.

Menurut David Daoud, manajer riset IDC, konsumen kini semakin meminati produk-produk PC ekonomis, mulai dari laptop-laptop berbujet rendah, mini-notebook, dan netbook.

"Sekali lagi, pasar konsumer telah mengalahkan sektor komersial sehingga hal itu sangat dapat menolong penjualan total di kuartal ini," ujar David Daoud, seperti dikutip dari MarketWatch.

Sayang, IDC tak memberikan angka detil penjualan laptop dan netbook global kuratal empat. Namun, lembaga itu mengungkap angka total penjualan komputer portabel selama tahun 2009, yang mencapai sekitar 126,2 juta unit.

Seperti yang dilansir PCWorld, kawasan Asia Pasifik minus Jepang, menjadi kawasan penyumbang pertumbuhan terbesar, dengan laju pertumbuhan mencapai 30 persen.

AS mengalami pertumbuhan sebesar 24 persen, Jepang sebesar 4,6 persen, dan untuk pertama kalinya selama 2009, penjualan di kawasan EMEA (Eropa Timur, Timur Tengah, dan Afrika) juga tumbuh positif.

Sementara itu, HP, Acer, dan Dell menjadi vendor dengan penjualan teratas, dengan pangsa penjualan sebesar 21 persen (total penjualan 18 juta unit), 13,4 persen (11,46 juta), dan 12,4 persen (10,68 juta unit). Sementara Lenovo dan Toshiba berada di urutan keempat dan kelima dengan total penjualan 7,87 unit dan 4,81 unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar